English Idol Competition in Bung Hatta University

4/11/2013
English Idol Competition. Sebuah acara kegiatan agenda tahunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bung Hatta, yang bersifat Edutaiment. Belajar sekaligus sebagai sarana atau wadah untuk para Mahasiswa dan Para Pelajar dalam menyalurkan bakatnya dibidang tarik suara. namun tidak hanya itu, English Idol Competition sebenarnya terbagi dalam 3 jenis acara yang diperlombakan (biasanya) yaitu, Singing Contest, Speech Contest, and Story Telling. (berdasarkan acara EIC tahun lalu) dan terus mengalami adaptasi dan evolusi kedepannya, tergantung pada bagaimana panitia penyelenggara meracik dan meramu suatu konsep acara tersebut, guna untuk tetap eksis dan menarik sebagai ajang perlombaan yang cukup bergengsi, khususnya di Universitas Bung Hatta dan Se - Sumatera Barat pada Umumnya. 

Menurut sesepuh Senior Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris terdahulu yang mendirikan sekaligus pencetus berdirinya acara kegiatan ini menerangkan bahwa, konsep yang diangkat pada acara ini di adopsi dari sebuah acara yang Booming setiap tahunnya, yang biasa ditampilkan di layar kaca RCTI. Pasti the readers tentunya sudah tahu...  Yaps! betul! Indonesian Idol. Sebuah acara yang sangat bergengsi dan banyak menimbulkan antusias para anak muda khusunya *Orang Tua juga ada tuh! :D, diseluruh Indonesia. Para kontestan yang berlomba - lomba dan rela berpanas - panasan untuk mengantre guna mengikutsertakan dirinya dalam ajang yang bergengsi ini.




Berikut sepenggal latar belakang berdirinya acara English Idol Competition (tahun lalu), yuk mari kita simak sama - sama.. 




PANITIA PELAKSANA
ENGLISH IDOL COMPETITIONS 2012
Program Studi Bahasa Inggris
Tingkat SMA Se-Sumbar dan Mahasiswa Se-Universitas Bung Hatta
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Bung Hatta

Alamat : Gedung D, Universitas Bung Hatta Jl. Sumatra Ulak Karang Telp. (0751) 7051678
 Email: esa.fkip_bunghatta@yahoo.com
 


A.     Latar Belakang

            Melihat  kasus yang terjadi saat ini, bahwa pelajar SMA dan Mahasiswa masih kesulitan menemukan media untuk meningkatkan bahasa Inggris ditengah masyarakat  atau di lingkungan sekitar. Selain itu, kecenderungan pelajar yang kurang berani dan kurang aktif  dalam menggunakan bahasa Inggris juga mempengaruhi perkembangan kemampuan berbahasa Inggris pelajar SMA dan Mahasiswa tersebut.
            Di era globalisasi ini, bahasa Inggris merupakan bahasa yang sangat berpengaruh, mengingat bahasa Inggris digunakan dalam berbagai bentuk pekerjaan maupun bidang ilmu seperti ekonomi, politik, sosial, budaya maupun kesehatan. Oleh karena itu, pelajar SMA dan Mahasiswa diharapkan mampu menggunakan bahasa Inggris dengan baik secara lisan maupun tulisan.
            Berdasarkan fenomena di atas, dibutuhkan  sarana, pelatihan dan motivasi yang mendukung mereka untuk mengasah bahasa Inggrisnya dengan baik. English Idol Competitions merupakan salah satu wadah bagi pelajar SMA dan Mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Kegiatan ini sekaligus juga berperan sebagai sarana pengembangan life skills pelajar SMA dan Mahasiswa.
            Sehubungan dengan hal di atas, pengurus HMPS (Himpunan Mahasiswa Program Studi) Bahasa Inggris periode 2011/2012 berinisiatif  mengadakan kembali salah satu program HMPS Bahasa Inggris, yaitu English Idol Competitions 2012. Pada kesempatan ini kami akan mengadakan kompetisi Speech, Singing dan Story Telling dalam bahasa Inggris.

Jika the readers ingin rasanya mengikuti acara ini, ga usah kuatir karena ada berita baik buat the readers yang pengen ikutan. Insyallah Acara ini akan diselenggarakan pada tahun ini dan insyallah akan tetap terus diselenggarakan sepanjang tahunnya bertepatan dengan Dies Natalis Universitas Bung Hatta. Acara English Idol Competition ini biasanya diselenggarakan antara April dan Mei setiap tahunnya. dari kabar terbaru yang terdengar pada tahun ini acara ini akan diselenggarakan tepatnya pada Bulan Mei 2013. ESA (English Students Association) tengah meracik dan meramu sebuah konsep spektakuler guna di aplikasikan pada cara ini pada bulan Mei mendatang. So, prepare you self to be an extraordinary Idol with English! 

Oya, Acara ini juga dibuka untuk para pelajar SMA atau sederajat se - Sumatera Barat. jadi skop nya sudah sampai ke satu propinsi, dan insyallah akan terus berkembang seiring berjalannya waktu. dan berharap untuk suatu saat nanti acara ini akan terus eksis, dan tetap menjadi acara yang bergengsi, mempunyai skop Nasional nantinnya, tetap menyandang prediket baik serta dapat diterima baik dan menuai antusias dimata penikmat musik khususnya, memajukan pendidikan Indonesia pada umunya.


Contoh Pamphlet EIC 2012 (created by: Mr.B):
 photo accccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccc_zpsc819e140.png

Sekian dulu pembahasan kita mengenai English Idol Competition next time kita lanjutin lagi.. OK?!
Previous
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai