Tingkatkan Mutu dan Menggali Potensi diri Dalam berorganisasi bagi Mahasiswa

4/08/2013
 


Mahasiswa. Apa yang the readers pikirkan jika satu kata ini muncul dibenak the readers ??? sangat banyak presespsi dan paradigma yang bermunculan jika kita mengkaji tentang Mahasiswa, baik secara positif maupun secara negatif. tapi tenang aja, pada kesempatan kali ini kita ga bakal membahas tentang Citra Mahasiswa, tapi kali ini the author mencoba untuk membahas tentang bagaimana cara untuk menjadi mahasiswa yang aktif, berpotensi, kritis, dan mampu mengenal dan berorientasi dalam masyarakat Universitas khususnya, Masyarakt lingkungan pada umumya.

Dalam kalangan Mahasiswa ada satu istilah yang lazim kita dengar, khususnya dalam keseharian atau sikap seseorang mahasiswa dalam menjalani kesibukannya untuk menuntut ilmu di kampus. yakni, "Mahasiswa Kupu - kupu" (Mahasiswa Kuliah-pulang Kuliah-pulang).
dapat diartikan bahwa seseorang mahasiswa tersebut hanya mementingkan bagaimana mendapatkan nilai akademis yang baik pada akhir semester, tanpa peduli akan lingkungan dan masyarakat yang ada disekelilingnya. sedangkan pada hakikatnya seorang mahasiswa tersebut harus mampu berinteraksi dan berorientasi baik secara internal maupun eksternal. antara akademis dan non-akademis seharus ada keseimbangan (Balance). 


Memang tidak mudah untuk mewujudkan atau merealisasikan hal tersebut. butuh tenaga dan pemikiran ekstra untuk mencipatakan balance antara kegitan internal dan kegiatan eksternal tersebut. namun, itu semua kembali kepada pribadi kita masing - masing dalam menjalaninya. bak kata pepatah, "dimana ada kemauan, disitu ada jalan". 

Banyak cara dan kiat -  kiat atau tips and trick dalam merealisasikan hal tersebut. karena kita sebagai mahasiswa tidak hanya menerima pelajaran yang disampaikan oleh dosen saat mengikuti proses belajar mengajar dikelas saat kuliah. tapi kita juga bisa untuk mencari sumber referensi untuk lebih meningkatkan potensi diri sebagai seorang yang berintelektual tinggi dari luar. salah satunya adalah mengikuti sebuah acara seminar yang bertemakan pembangungan karakter atau pelatihan kepemimpinan manajemen mahasiswa. sangat banyak ragam acara seminar yang bertemakan pembangunan karakter yang kita temui bagi mahasiswa, baik internasional maupun nasional. berikut Contoh Acara Seminar yang pernah the author ikuti, baik selaku panita penyelenggara maupun peserta.




Contoh Acara Seminar:
 photo pamfletMrB007finishresize_zps85315f16.png

Pelatihan kepemimpinan Manajemen Mahasiswa atau LKMM. salah satu acara yang dikenal wajib hukumnya untuk diikuti mahasiswa khususnya mahasiswa yang berkecimpung dalam organisasi, baik dalam suatu himpunan maupun dalam suatu badan eksektif mahasiswa. apalagi bagi mahasiswa yang menjadi petinggi atau mencalonkan diri untuk jadi ketua suatu himpunan atau badan organisasi yang ada pada suatu universitas, tergantung pada tingkatan atau level suatu badan organisasi tersebut, wajib untuk memiliki sertifikat LKMM guna membuktikan bahwa seorang mahasiwa tersebut mampu untuk menjadi pemimpin dan mengelola suatu badan organisasi.

Pada acara pelatihan kepemimpinan tersebut, para peserta akan diberikan suatu pengajaran dan pemahaman dalam me - manage suatu organisasi, dan juga mampu menggali potensi diri dalam berorganisasi. disini mahasiswa juga di ajarkan teknik persidangan dan tatacara dalam melibatkan diri pada suatu badan organisasi.

menurut the author, sangat banyak manfaat yang akan dirasakan bagi mahasiswa yang mengikuti acara LKMM ini. jika the reader bertanya, Dimana saya dapat mengikuti acara seperti ini?? jawabannya.. sangat banyak di jumpai acara yang seperti ini, baik yang diadakan oleh badan eksekutif mahasiswa yang ada pada suatu universitas maupun yang diadakan oleh suatu himpunan yang diluar universitas. namun sebaiknya the author sarankan, lebih baik mengikuti acara yang diselenggarakan oleh himpunan mahasiswa di dalam suatu universitas. contohnya LKMM yang diadakan oleh BEMM - Fakultas masing - masing. karena materi dan rangkaian kegiatan yang diberikan akan terasa pas dan sesuai dengan kemampuan dan nalar mahasiswa tersebut. mengapa demikian? karena Badan atau himpunan mahasiswa yang ada pada fakultas, pasti tahu betul pada masyarakat nya sendiri. dengan kata lain, "Dosis pemakaiannya akan PAS!"

berikut salah satu acara LKMM yang the author rekomendasikan bagi para mahasiswa, khususnya para mahasiswa yang satu almamater dengan the author. Baru - baru ini BEMM - FKIP Universitas Bung Hatta, akan menyelenggarakan suatu acara LKMM tingkat Dasar.
yang Insyallah akan di selenggarakan pada tanggal 19 s/d 21 April 2013.


LKMM - TD:
 photo pamfletMrB007finishresize_zps85315f16.png
Demikian pembahasan kita pada kali ini, besok kita sambung lagi.. *dah larut malam, ngantuk.. :D
Previous
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai