Selamat Hari Pendidikan Nasional 2015

5/01/2015

Sejarah Lahirnya Hari Pendidikan Nasional

Sejarah Hari Pendidikan Nasional 2 Mei. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya, itulah slogan yang sering kita dengar di republik tercinta ini. Pahlawan merupakan sosok yang sangat berarti bagi perkembangan Negara Kesatuan Republik Indonesia, sebut saja pahlawan kemerdekaan yang telah berjuang dengan darah, air mata, jiwa, raga serta nyawa hingga kita bisa menghirup udara kemerdekaan seperti sekarang ini. Tanpa jasa mereka yang telah berjuang merebut serta mempertahankan kemerdekaan entah seperti apa negara kita saat ini.

Pahlawan tidak selalu identik dengan mengangkat senjata dan berperang meski sebagian besar penafsiran menyatakan bahwa pahlawan adalah orang yang berjasa membela negara melalui medan perang. Namun sesungguhnya siapa saja yang telah berjasa membawa bangsa ini menuju kemajuan baik dibidang sosial, budaya, teknologi, kesehatan, pendidikan dan lain-lain yang kesemuanya bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia maka patut kiranya kita beri julukan sebagai pahlawan.



Biografi Ki Hadjar Dewantara

Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia ke-1 Masa jabatan 2 September 1945 – 14 November 1945 Presiden Soekarno Didahului oleh Tidak ada, jabatan baru
Digantikan oleh Todung Sutan Gunung Mulia

Informasi pribadi
Lahir             : 2 Mei 1889
Meninggal     : 26 April 1959 (umur 69)
Agama          : Islam

Raden Mas Soewardi Soerjaningrat (EYD: Suwardi Suryaningrat, sejak 1922 menjadi Ki Hadjar Dewantara, EYD: Ki Hajar Dewantara, beberapa menuliskan bunyi bahasa Jawanya dengan Ki Hajar Dewantoro; lahir di Yogyakarta, 2 Mei 1889 – meninggal di Yogyakarta, 26 April 1959 pada umur 69 tahun; selanjutnya disingkat sebagai "Soewardi" atau "KHD") adalah aktivis pergerakan kemerdekaan Indonesia, kolumnis, politisi, dan pelopor pendidikan bagi kaum pribumi Indonesia dari zaman penjajahan Belanda. Ia adalah pendiri Perguruan Taman Siswa, suatu lembaga pendidikan yang memberikan kesempatan bagi para pribumi jelata untuk bisa memperoleh hak pendidikan seperti halnya para priyayi maupun orang-orang Belanda.

Tanggal kelahirannya sekarang diperingati di Indonesia sebagai Hari Pendidikan Nasional. Bagian dari semboyan ciptaannya, tut wuri handayani, menjadi slogan Kementerian Pendidikan Nasional Indonesia. Namanya diabadikan sebagai salah sebuah nama kapal perang Indonesia, KRI Ki Hajar Dewantara. Potret dirinya diabadikan pada uang kertas pecahan 20.000 rupiah tahun emisi 1998.

Ia dikukuhkan sebagai pahlawan nasional yang ke-2 oleh Presiden RI, Soekarno, pada 28 November 1959 (Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 305 Tahun 1959, tanggal 28 November 1959)

Apa Pendapat Anda tentang Pendidikan Indonesia?

Pendidikan, Dua kata yang akan spontan terfikirkan dibenak kita yakni guru dan sekolah. Memang Pendidikan takkan lepas dari peranan Guru sebagai tiang penegak proses pendidikan tersebut. Sekolah juga sebagai fasilitas inti dari pendidikan, walaupun proses pendidikan tersebut bisa dilakukan dimana saja. Kendati demikian, masih banyak kita temui kejanggalan - kejanggalan dilapangan. Baik dari segi Infrastruktur sekolah itu sendiri maupun kesenjangan kesejahteraan Guru tersebut.

Pemerintah harusnya lebih membuka mata hati dan telingan untuk peka terhadap persoalan yang krusial ini. Dari rusaknya infrastruktur sekolah yang dialami dibeberapa daerah sampai memperjuangkan hak guru yang mengajar tanpa pamrih. tak lepas dari itu semua masih banyak lagi jika kita bahas lebih mendetail mengenai permasalahan Pendidikan Indonesia.

Bila dikaji menurut rasional Pendidikan Indonesia masih butuh untuk berbenah dan memperbaiki beberapa sistem yang belum pas pada realitanya. Berkaca pada tahun lalu, masih banyak persoalan - persoalan yang krusial dihadapi Pemerintah yang menjadi PR dan tugas berat untuk kedepannya.











Semoga Bapak Anies Baswedan dan Jajarannya mempunyai gebrakan untuk menjawab segala permasalahan Pendidikan yang kita hadapi sekarang ini. memang berat! namun saya percaya suatu saat pasti ada jalan yang terang ditunjukkan oleh Allah SWT. Amin. Selamat Hari Pendidikan Nasional 2015. 
Previous
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar