Kumpulan Contoh Proposal Kegiatan Mahasiswa (Approved)

4/03/2013



Good Evening the readers! Salam Mahasiswa!

Mahasiswa. berasal dari dua kata yaitu.. MAHA dan SISWA, Maha berarti Tinggi dan Siswa berarti Pelajar = Siswa / Pelajar yang paling tinggi, ga salah kalo sekolahnya di Perguruan tinggi. *Ya iya lah! Masa' skolahnya di PAUD!
Mahasiswa adalah Generasi muda yang menjadi ujung tombak kemajuan suatu negara, mahasiswa adalah manusia muda yang berintelektual, berpengatahuan tinggi, menjaga nama baik almamater kebanggaanya, bisa dikatakan mahasiswa adalah calon pemimpin dan orang sukses kelak. *Amin!

Sebagai generasi muda yang berintelektual, setiap mahasiswa yang aktif dalam berorganisasi khususnya.. baik dalam satu Himpunan, Badan Eksekutif Fakultas, maupun Badan eksekutif umum. pasti tidak asing lagi dengan kata PROPOSAL. banyak agenda dan serangkaian kegiatan yang dikelola oleh mahasiswa, baik berupa acara kegiatan yang bersifat Entertain maupun yang bersifat Kependidikan. semua itu pasti takkan luput dengan yang namanya proposal. karena secara pribadi the author  tahu benar dengan proses dan latar belakang terjadinya sebuah acara kegiatan yang didasari dan dirumuskan melalui proposal kegiatan. kata orang bijak, "The Big Show need the great plan" sebuah acara yang mengagumkan membutuhkan sebuah rencana yang hebat... Nah! rencana itulah yang terangkum dan dirumuskan dalam Proposal, baik dalam pengajuan dana kegiatan sampai draft acara yang akan di laksanakan dijelaskan secara rinci dan jelas.

Namun, tidak semua mahasiswa yang piawai dalam merumuskan
dan menyusun sebuah proposal yang baik dan benar. cenderung sebagian mahasiswa yang berkecimpung dalam keorganisasian suatu universitas, khususnya para anggota yang baru baru bergabung akan merasa bingung dan stuck  dalam merumuskan atau menyusun sebuah proposal. apalagi mereka tidak atau belum mengikuti sebuah pelatihan kepemimpinan keorganisasian, baik umum maupun yang ada di universitas.

kali ini the author mencoba untuk berbagi ilmu dalam merumuskan dan menyusun suatu proposal, karena dahulu kala.. saat the author masih muda *Emang sekarang udah Tua kali ya??! :D the author merupakan salah seorang mahasiswa yang aktif berorganisasi. *Mantan Petinggi HMPS (Songong) .



Disini the author  mencoba memberi beberapa contoh proposal kegiatan Mahasiswa yang pernah dilewati atau telah di aplikasikan the autor sewaktu masih aktif berorganisasi. *Emang sekarang udah ga lagi???  sekarang the author dah menyandang status mahasiwa tingkat akhir alias partai tua bin sesepuh dedengkot di fakultas yang tercinta. yang insyallah, mudah - mudahan akan meninggalkan kampus tercinta pada akhir tahun ini... AMIN YA RABB!!! Mohon do'a nya ya the reader semua.

Langsung aja deh, kita ke TeKaPe.. mudah - mudahan bisa membantu para mahasiswa yang sedang mau bikin suatu kegiatan kemahasiswaan.

Contoh Proposal kegiatan ENGLISH IDOL COMPETITIONS 2012


PANITIA PELAKSANA
ENGLISH IDOL COMPETITIONS 2012
Program Studi Bahasa Inggris
Tingkat SMA Se-Sumbar dan Mahasiswa Se-Universitas Bung Hatta
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Bung Hatta

Alamat : Gedung D, Universitas Bung Hatta Jl. Sumatra Ulak Karang Telp. (0751) 7051678
 Email: esa.fkip_bunghatta@yahoo.com
 


A.     Latar Belakang

            Melihat  kasus yang terjadi saat ini, bahwa pelajar SMA dan Mahasiswa masih kesulitan menemukan media untuk meningkatkan bahasa Inggris ditengah masyarakat  atau di lingkungan sekitar. Selain itu, kecenderungan pelajar yang kurang berani dan kurang aktif  dalam menggunakan bahasa Inggris juga mempengaruhi perkembangan kemampuan berbahasa Inggris pelajar SMA dan Mahasiswa tersebut.
            Di era globalisasi ini, bahasa Inggris merupakan bahasa yang sangat berpengaruh, mengingat bahasa Inggris digunakan dalam berbagai bentuk pekerjaan maupun bidang ilmu seperti ekonomi, politik, sosial, budaya maupun kesehatan. Oleh karena itu, pelajar SMA dan Mahasiswa diharapkan mampu menggunakan bahasa Inggris dengan baik secara lisan maupun tulisan.
            Berdasarkan fenomena di atas, dibutuhkan  sarana, pelatihan dan motivasi yang mendukung mereka untuk mengasah bahasa Inggrisnya dengan baik. English Idol Competitions merupakan salah satu wadah bagi pelajar SMA dan Mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Kegiatan ini sekaligus juga berperan sebagai sarana pengembangan life skills pelajar SMA dan Mahasiswa.
            Sehubungan dengan hal di atas, pengurus HMPS (Himpunan Mahasiswa Program Studi) Bahasa Inggris periode 2011/2012 berinisiatif  mengadakan kembali salah satu program HMPS Bahasa Inggris, yaitu English Idol Competitions 2012. Pada kesempatan ini kami akan mengadakan kompetisi Speech, Singing dan Story Telling dalam bahasa Inggris.


Baca Selengkapnya:
Klik DOWNLOAD untuk Membaca selengkapnya DOWNLOAD

Contoh Proposal Kegiatan LATIHAN KEPEMIMPINAN MANAJEMEN MAHASISWA




PROPOSAL KEGIATAN
LATIHAN KEPEMIMPINAN MANAJEMEN MAHASISWA

PENDAHULUAN
            Program kegiatan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bung Hatta tahun 2010/2011 akan mengadakan kegiatan Latihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa (LKMM).
            Pada zaman sekarang ini, masih ada juga dikalangan mahasiswa yang tidak mengetahui ataupun memahami apa yang dimaksud dengan organisasi, serta manfaat dari organisasi itu sendiri. Hal ini akan menjadi salah satu permasalahan yang perlu ditanggapi secara serius, karena nantinya mahasiswa yang dihasilkan dari suatu universitas dituntut untuk memahami banyak hal terutama segala yang berhubungan dengan pendidikan/akademik dan manajmen. Selain itu, LKMM merupakan salah satu syarat kepandaian dasar bagi mahasiswa untul ikut terlibat dalam organisasi kampus. Oleh karena itu, kegiatan LKMM diangkat dengan alasan agar mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bung Hatta, lebih mengenal memahami dan nantinya mampu menguasai apa yang disebut dengan manajemen mahasiswa, sehingga setelah lulus nanti mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bung Hatta memiliki nilai lebih untuk dapat bersaing dalam dunia kerja.
NAMA KEGIATAN
            “Latihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar”
DASAR KEGIATAN
·         SK MENDIKBUD Nomor : 0476/U/1996 dan SK DIRJEN DIKDASMEN Nomor: 229/c/Kep/10/1992 tentang ekstrakurikuler merupakan suatu wadah pembinaan kesiswaan bagi generasi muda.
·         Tri Dharma Perguruan Tinggi
·         Program Kerja Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 2010/2011

Baca Selengkapnya:
Klik DOWNLOAD untuk Membaca selengkapnya DOWNLOAD


Contoh Proposal Kegiatan FKIP CUP



Usulan Kegiatan
Open Turnamen Sepak Bola FKIP Cup Universitas Bung Hatta
Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
(BEMF-KIP)
Universitas Bung Hatta

Ø  Latar Belakang

          Sehubungan dengan diadakannya kegiatan Krida di Universitas Bung Hatta, khususnya pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan tahun 2009 yang bertujuan untuk menyalurkan minat dan bakat seluruh mahasiswa atau kegiatan ekstrakurikuler mahasiswa yang sejauh ini hanya dirasakan oleh mahasiswa FKIP saja. Oleh sebab itu, kegiatan Krida ini hendaknya dapat  dirasakan oleh seluruh kalangan masyarakat mahasiswa Universitas Bung Hatta.
Melihat fenomena olahraga yang berkembang sekarang, sepak bola sangat banyak diminati oleh kalangan mahasiswa perguruan tinggi kota Padang terutama mahasiswa Universitas Bung Hatta. Pada umumnya mahasiswa masih sulit menemukan tempat, fasilitas dan sarana untuk menyalurkan minat serta bakat olahraga khususnya sepak bola ditengah lingkungan masyarakat.
            Berdasarkan fenomena yang dipaparkan di atas, sarana, minat dan motivasi yang kuat untuk berolahraga. Maka Open Turnamen Sepak Bola FKIP Cup Universitas Bung Hatta merupakan salah satu wadah bagi mahasiswa untuk menyalurkan minat dan bakat dalam sepak bola. Kegiatan ini sekaligus juga dapat berperan sebagai sarana pengembangan life skills mahasiswa dan mempererat silaturahmi antar sesama mahasiswa baik di lingkungan Universitas Bung Hatta maupun mahasiswa perguruan tinggi kota Padang lainnya.
            Sehubungan dengan hal di atas dan keberhasilan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Bung Hatta menjuarai turnamen sepak bola Dekan Cup Hukum tahun 2008, maka kami dari Badan Eksekutif Mahasiswa FKIP berinisiatif mengadakan Open Turnamen Sepak Bola FKIP cup Universitas Bung Hatta untuk pertama kalinya di FKIP Universitas Bung Hatta.

Baca Selengkapnya:
Klik DOWNLOAD untuk Membaca selengkapnya DOWNLOAD DOWNLOAD

Contoh Proposal kegiatan KRIDA





PANITIA PELAKSANA KRIDA FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS BUNG HATTA



Latar belakang
Assalam’mualaikum wr.wb
Seiring dengan perkembangan zaman yang telah merubah persepsi manusia dengan teknologi menuntut setiap personal untuk mampu berkreatvitas yang handal serta menuntut untuk resfek terhadap denyut kompetensi yang semakin berkembang. Maka lembaga ditingkat Fakultas Ekonomi ( DPM-FE, BEM-FE, HIMA EP, HIMA MNJ, HIMA AK) membentuk panitia Krida untuk menunjang kreativitas mahasiswa ditingkat Fakultas Ekonomi.
Diharapkan dengan pelaksanaan Krida yang diselenggarakan 2 (dua ) minggu sekali mampu mengembangkan bakat mahasiswa yang terpendam karena ketiadaan sarana dan lembaga penujang kegiatan, maka kami Panitia Pelaksana Krida yang telah terbentuk menyediakan beberapa kegiatan dalam kegiatan Krida ini. Disini kami dari pihak pantia pelaksana Krida menyampaikan kepada pihak struktural bahwa kegiatan ini telah terealisasikan dan diharapkan berkelanjutan untuk jangka waktu yang lebih lama kedepan. Adapun pesertanya berasal dari mahasiswa 2010 dan agenda kegiatan terlampir.
Demi kesuksesan dan kelancaran Pelaksanaan Krida, maka dukungan serta partisipasi dari pihak struktural sangat kami butuhkan, baik dalam bentuk moril maupun secara materil.

Baca Selengkapnya:
Klik DOWNLOAD untuk Membaca selengkapnya DOWNLOAD

Sekian dulu Postingan tentang contoh Proposal Kegiatannya Next time kita sambung lagi
dalam sesi Contoh Proposal kegiatan part II.


Previous
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai