RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP Adabiah Padang
Kelas / Semester : VIII/2
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Judul Materi : Expression of offering, accepting
& refusing thing and something
Jumlah Pertemuan :
2 x 40 menit
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Berbicara
9.
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan
pendek sederhana berbentuk Expression of offering, accepting & refusing
thing and something untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
|
9.1.
mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get thing done) dan
interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana berbentuk Expression of
offering, accepting & refusing thing and something dengan menggunakan
ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi
dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur untuk meminta
pertolongan (jasa), meminta barang, meminta pendapat dan meminta sesuatu.
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Tujuan
Pembelajaran
|
-
Siswa
mampu bertanya dan menjawab tentang percakapan yang menggunakan Expression of
offering, accepting & refusing thing and something.
-
Siswa
mampu memahami makna dari percakapan pendek sederhana berbentuk Expression of
offering, accepting & refusing thing and something.
-
Siswa
mampu mengekpresikan diri nya dengan menggunakan percakapan pendek sederhana
berbentuk Expression of offering, accepting & refusing thing and
something.
|
-
Siswa
mampu mengekpresikan diri sesuai dengan percakapan pendek sederhana berbentuk
Expression of offering, accepting & refusing thing and something.
-
Siswa
mampu memahami makna dari percakapan pendek sederhana berbentuk Expression of
offering, accepting & refusing thing and something.
|
Materi
Ajar:
Alokasi Waktu:
Beban Belajar
|
Waktu
|
Bentuk Kegiatan / Tugas
|
TM
|
80
menit
|
Sesuai
dengan kegiatan pembelajaran.
|
PT
|
60
menit
|
PR =
Siswa menentukan makna dari percakapan singkat
|
PTT
|
1
minggu
|
Menulis
teks sederhana berbentuk percakapan singkat.
|
Metode
Pembelajaran / Model – Model Pembelajaran:
1.
Tanya
jawab.
2.
Diskusi.
3.
Penugasan.
Kegiatan
|
Waktu
|
Alat / Bahan yang diperlukan
|
Ket./ Keterkaitan dengan Paikem
|
Keterkaitan dengan Karakter
|
A. Pendahuluan
1.
Mengucapkan
salam dan memberikan salam dan memberikan kabar yang menggembirakan pada
siswa.
2.
Mengabseni
siswa.
B. Kegiatan
Awal
1.
Guru
menampilkan sebuah percakapan kepada siswa sebagai brainstorming.
2.
Guru
memberikan pertanyaan kepada siswa berdasarkan percakapan:
·
percakapan
apakah ini?
·
Apa
kegunaan dari percakapan ini?
3.
Guru
menyampaikan judul materi yang akan dibahas.
4.
Guru
menyampaikan pengertian dari percakapan pendek sederhana berbentuk Expression
of offering, accepting & refusing thing and something.
5.
Guru
menyampaikan tujuan dari percakapan pendek sederhana berbentuk Expression of
offering, accepting & refusing thing and something.
6.
Guru
menyampaikan hal-hal yang penting di dalam sebuahpercakapan pendek sederhana
berbentuk Expression of offering, accepting & refusing thing and
something.
7.
Guru
memperlihatkan percakapan berbentuk Expression of offering, accepting &
refusing thing and something.
8.
Guru
bertanya beberapa kosakata yang terdapat di dalam percakapan.
9.
Siswa
dipandu untuk menentukan KD yang berhubungan dengan materi.
10.
Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran tentang percakapan pendek sederhana berbentuk
Expression of offering, accepting & refusing thing and something.
C. Kegiatan
Inti
1.
Fase
Eksplorasi
1)
Guru
menyampaikan hal-hal penting dalam percakapan berbentuk Expression of
offering, accepting & refusing thing and something.
2)
Siswa
mampu menebak hal-hal penting dalam percakapan berbentuk Expression of
offering, accepting & refusing thing and something.
(1)Fase Elaborasi
1)
Siswa
mengerjakan latihan dalam membuat percakapan pendek sederhana berbentuk Expression
of offering, accepting & refusing thing and something.
2)
Siswa
mengumpulkan latihan yang telah dikerjakan.
(2)Fase Konfirmasi
1)
Siswa
dan guru membahas latihan yang telah dikerjakan.
2)
Siswa
bersama guru memperbaiki kesalahan latihan yang telah dikerjakan.
3)
Siswa
memperbaiki tugasnya masing-masing.
4)
Guru
memeriksa dan memberikan penilaian terhadap hasil belajar siswa.
D. Kegiatan
Penutup
1.
Siswa
bersama guru merangkum hasil pembelajaran.
2.
Guru
dan siswa melakukan refleksi terkait kelebihan dan kekurangan PBM yang sudah
berlangsung.
|
5
menit
15
menit
10
menit
25
menit
15
menit
10
menit
|
Text
yang berkaitan dengan percakapan.
|
Menyenangkan
Menyenangkan
Efektif
Aktif
Aktif
Aktif
Kreatif
Aktif
Kreatif
Aktif
Aktif
Aktif
Kreatif
Menyenangkan
Inovatif
dan kreatif
Aktif
Aktif
Aktif dan
menyenangkan
|
Cinta
damai
Komunikatif
Komunikatif
Rasa
ingin tahu
Senang
membaca
Kreatif
Kerja
keras
Menghargai
prestasi
Senang
atas usaha sendiri
|
4.
Sumber
Bahan
a. English Teachers
Association of Junior High School Padang. 2011. Learning Materials for Students English
for Grade VIII Students. Padang.
b. Internet
5. Penilaian
a. Teknik : penugasan
b. Bentuk instrument : soal-soal
c. Soal/Instrument
Bagi rekan - rekan yang ingin file lengkap nya berbentuk WORD silahkan download dibawah ini :