§Kurikulum 2013 menekankan penerapan pendekatan scientific (meliputi: mengamati, menanya, mencoba, mengolah, menyajikan, menyimpulkan, dan mencipta untuk semua mata pelajaran) (Sudarwan, 2013).
§Komponen-komponen penting dalam mengajar menggunakan pendekatan scientific (McCollum : 2009)
oMenyajikan pembelajaran yang dapat meningkatkan rasa keingintahuan (Foster a sense of wonder),
oMeningkatkan keterampilan mengamati (Encourage observation),
oMelakukan analisis ( Push for analysis) dan
Berkomunikasi (Require communication)
Pendekatan Scientific pada Pembelajaran
§Aspek-aspek pada pendekatan scientific terintegrasi pada pendekatan keterampilan proses dan metode ilmiah §Keterampilan proses sains merupakan seperangkat keterampilan yang digunakan para ilmuwan dalam melakukan penyelidikan ilmiah §Keterampilan proses perlu dikembangkan melalui pengalaman-pengalaman langsung sebagai pengalaman pembelajaran (Rustaman :2005)
Pendekatan Scientific pada Pembelajaran
§Langkah-langkah metode ilmiah (Helmenstine, 2013)omelakukan pengamatan, omenentukan hipotesis, omerancang eksperimen untuk menguji hipotesis, omenguji hipotesis, omenerima atau menolak hipotesis dan merevisi hipotesis atau
membuat kesimpulanDownload file lengkapnya, dibawah ini :