Contoh Penerapan Pendekatan Scientific Dalam Pembelajaran Tematik

4/11/2016


Pendahuluan

§Kurikulum 2013 menekankan penerapan pendekatan scientific (meliputi: mengamati, menanya, mencoba, mengolah, menyajikan, menyimpulkan, dan mencipta untuk semua mata pelajaran) (Sudarwan, 2013).
§Komponen-komponen penting  dalam mengajar menggunakan pendekatan scientific (McCollum : 2009)
oMenyajikan pembelajaran yang dapat  meningkatkan rasa keingintahuan (Foster a sense of wonder),
oMeningkatkan keterampilan mengamati (Encourage observation),
oMelakukan analisis ( Push for analysis) dan
Berkomunikasi (Require communication)





Pendekatan Scientific pada Pembelajaran

§Aspek-aspek pada pendekatan scientific terintegrasi pada pendekatan keterampilan proses dan metode ilmiah §Keterampilan proses sains merupakan seperangkat keterampilan yang digunakan para ilmuwan dalam melakukan penyelidikan ilmiah §Keterampilan proses perlu dikembangkan melalui pengalaman-pengalaman langsung sebagai pengalaman pembelajaran (Rustaman :2005)


Pendekatan Scientific pada Pembelajaran


§Langkah-langkah metode ilmiah (Helmenstine, 2013)omelakukan pengamatan, omenentukan hipotesis, omerancang eksperimen untuk menguji hipotesis, omenguji hipotesis, omenerima atau menolak hipotesis dan merevisi hipotesis atau
membuat kesimpulan


Download file lengkapnya, dibawah ini :




Previous
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar